SIMPATDA, SIMPBB & E-BPHTB

previous arrow
next arrow
Slider
 
 
Perekonomian dan pembangunan daerah yang baik merupakan salah satu tuntutan bagi pemerintah daerah. Perekonomian dan pembangunan dapat ditingkatkan dengan adanya pendapatan daerah yang bersumber dari pajak/retribusi daerah. Untuk itu pengelolaan pajak/retribusi daerah harus dilakukan dengan optimal. Dalam upaya meningkatkan pengelolaan pajak daerah, diperlukan sistem administrasi yang terintegrasi dan satu
database dari berbagai aplikasi yang selama ini dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah maupun Badan Keuangan Daerah.
Kami PT. Pijar Mulya Utama perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi yang menangani software, hardware dan jasa konsultasi telah membuat aplikasi SIMPATDA, SIMPBB dan e-BPHTB dengan satu database. Aplikasi ini saling terintegrasi dalam pengelolaan pajak/retribusi daerah, sehingga pengelolaa pajak/retribusi daerah dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan sistem pengelolaan pajak/retribusi yang lebih baik diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah. Apabila ada kebutuhan perubahan (updating) cukup satu vendor jadi lebih efisien dan efektif karena seluruh aplikasi yang dikelola merupakan satu kesatuan dan satu database.

Aplikasi SIMPBB

Aplikasi SIMPBB hampir sama dengan Aplikasi SISMIOP, hanya aplikasi SIMPBB dapat diubah sesuai kondisi di lapangan masing-masing pemerintah daerah. Disamping itu juga sudah berbasis web jadi bisa online serta mudah dipelajari. Database SIMPBB terkoneksi dengan database SIMPATDA dan e-BPHTB, hal ini akan mempermudah pengelolaan administrasi semua pajak dan retribusi yang dikelola oleh Pemerintah Daerah.

Manfaat Aplikasi SIMPBB

  • Aplikasi dapat disesuaikan dengan kondisi real Pemerintah Daerah.
  • Pemeliharaan yang mudah dikarenakan satu database dengan aplikasi yang digunakan untuk mengelola pajak dan retribusi daerah.
  • Cepat dalam penanganan apabila ada masalah pada aplikasi, karena bersifat online.
    Mempermudah pekerjaan pemerintah daerah kabupaten/kota dalam administrasi perpajakan bumi dan bangunan.
  • Membantu penyusunan laporan-laporan pajak baik realisasi maupun tunggakan.
  • Mempermudah dalam proses pelayanan administrasi obyek/subyek pajak.
  • Meringankan pekerjaan yang dilakukan oleh petugas pajak sehingga petugas dapat berkonsentrasi dalam penggalian potensi pajak yang ada.
  • SIMPBB bersifat online, sehingga dapat diakses dengan mudah.
  • Pembayaran pajak tidak hanya dapat dilakukan ditempat pembayaran tetapi dapat juga dilakukan ditempat-tempat lain yang ditunjuk seperti kecamatan, bank persepsi atau mobil pelayanan pajak online.

Aplikasi SIMPATDA

SIMPATDA (Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah) adalah suatu sistem yang terstruktur untuk mengelola pandapatan asli daerah yang terdiri dari pajak pajak dan retribusi daerah. Hasil Pendapatan asli daerah ini yang nantinya untuk membangun daerah dan meningkatkan perkembangan ekonomi suatu daerah. Pajak daerah yang dapat dikelola menggunakan SIMPATDA antara lain; Pajak Hotel, Pajak Hiburan, Pajak Restoran, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Mineral dan Batuan Bukan Logam (Galian C), Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, Pajak Sarang Burung Walet, Pajak BPHTB Terintegrasi dengan SIMPBB, Penerimaan Pendapatan Dari Satuan Kerja Perangkat Daerah, Retribusi Daerah.

Manfaat Aplikasi SIMPATDA

  • Mempercepat proses pengelolaan pajak/retribusi daerah.
    Mempermudah proses administrasi pajak daerah.
  • Sumber masukan anggaran daerah dan pengelolaan PAD dapat segera dilaporkan dan direalisasikan.
    SIMPATDA bersifat online, sehingga dapat diakses dengan mudah.
    Transparansi target anggaran dan realisasi.
  • Pengawasan terhadap wajib pajak/retribusi menjadi lebih baik.
  • Apabila sistem berjalan dengan baik maka akan mendorong kenaikan PADS dikarenakan sistem yang sudah berjalan dan Sumber Daya Manusia (SDM) dapat mencurahkan tenaga dan pikiran untuk menggali
  • Pendapatan Asli Daerah Sendiri (PADS).
  • Informasi yang diberikan oleh sistem baik bagi wajib pajak maupun pihak pemerintah daerah bersifat realtime.
  • Aman, dengan pemberian hak akses dapat menjamin penggunaan sistem oleh pihak yang berhak dan data dapat terjaga kerahasiaannya.
  • Keseluruhan pajak dapat dilayani secara online.

Aplikasi E-BPHTB

Aplikasi e-BPHTB adalah layanan pembayaran, pelaporan dan verifikasi pembayaran Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) secara elektronik (online) bagi Wajib Pajak/PPAT. Melalui inovasi ini Wajib Pajak (WP) bisa melakukan pelayanan pembayaran, pelaporan dan verifikasi pajak BPHTB secara online, tanpa perlu datang ke kantor.

Manfaat Aplikasi E-BPHTB

  • Aplikasi e-BPHTB dapat terintegrasi secara online dengan kantor pertanahan.
  • Notaris dapat mendaftarkan BPHTB secara langsung tanpa harus ke bagian pelayanan.
  • KPP Pratama setempat dapat terkoneksi ke Aplikasi eBPHTB.Sistem aplikasi bersifat online, sehingga pembayaran pajak tidak hanya dilakukan ditempat pembayaran tetapi dapat juga dilakukan ditempat-tempat lain yang ditunjuk seperti kecamatan, bank persepsi atau mobil pelayanan pajak online.

Posted in Produk & Jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *