Seriusi IoT 2016, Qualcomm Punya 3 Strategi

9hyt8vglQm

Qualcomm sebagai salah satu perusahaan teknologi melihat potensi besar dalam industri IoT. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka memang investasi cukup serius di ranah ini, misalnya dengan mciptakan beberapa chip yang bisa menghadirkan konektivitas mumpuni.

Oleh karena itu, di tahun 2016 ini, mereka akan menerapkan 3 strategi. Hal ini dikemukakan oleh Senior Vice President & General Manager of Connectivity Qualcomm Technologies, Rahul Patel, dalam konferensi pers.

Strategi pertama adalah Capacity, yang berarti meningkatkan kapasitas data dan kecepatan transmisi. Peningkatan kecepatan transmisi dapat dilakukan dengan penerapan teknologi multi-spektrum, jumlah antena pada perangkat yang lebih banyak, dan efisiensi energi yang lebih baik.

Efisiensi juga mengacu ke konsumsi daya baterai yang lebih irit. Salah satu terobosan yang Qualcomm ciptakan adalah teknologi MU-MIMO dan WiFi 802.11ad, yang diklaim lebih kencang tiga kali lipat.

“Tujuan utamanya adalah mampu menyalurkan konten video 4K lebih cepat,” kata Rahul.

Setelah Capacity, strategi kedua yang Qualcomm terapkan adalah Context and Experience. “Bukan hanya soal teknologi, tetapi memahami aplikasi yang memberikan user experience yang tepat,” lanjutnya.

Ketika seseorang memakai satu aplikasi, informasi yang disalurkan harus tepat sasaran, terutama untuk keperluan yang cukup spesifik. Aplikasi atau layanan tidak boleh membuat bingung penggunanya.

“Ini juga berhubungan dengan data mining. Menganalisa kebiasaan pengguna untuk memahami dan memberikan pilihan yang tepat.”

Sinkronisasi antar platform adalah sebuah keharusan dalam IoT. Qualcomm punya strategi bernama Convergence. Mereka berambisi untuk menghubungkan semua platform yang ada, dan bisa berjalan secara konstan. “Integrasi antar perangkat demi efisiensi daya dan lebih hemat biaya.”

Penyatuan platform ini juga bisa mengacu pada penerapan multi-frekuensi, yang menghubungkan sinyal WiFi dan seluler, ketika salah satu sedang tidak mempunyai kualitas jaringan yang memadai.

 

Sumber : ” http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/yNL87DvN-seriusi-iot-2016-qualcomm-punya-3-strategi ” 

Bookmark the permalink.

Comments are closed.