Marea, Kolaborasi Facebook & Microsoft di Samudra Atlantik

ilustrasi-kabel-optik

Facebook dan Microsoft bekerja sama ‘menanam’ kabel fiber optik di dasar Samudra Atlantik. Kabel tersebut akan membentang sejauh 6.600 km dari Virginia, Amerika Serikat (AS) sampai Bilbao, Spanyol.

Marea — nama kabel tersebut — diklaim mampu menghantarkan data dengan kecepatan 160 Tbps (terabits per detik). Facebook menyebut Marea akan jadi kabel yang melintasi Atlantik dengan jalur data paling besar.

Proyek ini dijadwalkan dimulai pada Agustus mendatang dan selesai pada Oktober 2017. Namun, Facebook menolak mengungkap dana yang dihabiskan untuk proyek Marea ini, demikian dikutip detikINET dari Quartz, Jumat (27/5/2016).

Facebook dan Microsoft menyebut kehadiran Marea akan membantu mereka untuk mendukung ledakan konsumsi data dan pertumbuhan penggunaan cloud dan layanan online yang sangat cepat.

Sementara bagi Facebook, Marea akan menyediakan jalur data yang lebih efisien tak cuma ke Eropa namun juga ke Afrika, Timur Tengah dan Asia. Yaitu negara-negara di mana Facebook sedang mencoba mejejakkan kakinya.

Marea sendiri akan diurus dan dioperasikan oleh Telxius, sebuah perusahaan infrastruktur telekomunikasi yang dibentuk Februari lalu oleh Telefonica, perusahaan telekomunikasi yang dulunya dimiliki oleh pemerintah Spanyol.

Pada Agustus 2014 lalu, Google juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan lima perusahaan telekomunikasi Asia untuk membangun kabel bawah laut bernama Faster. Kabel tersebut membentang dari AS sampai Jepang.

Faster didisain untuk menghantarkan data dengan kecepatan 60 Tbps, dengan biaya pembangunan sebesar USD 300 juta. Kemudian Google juga menjalin kerja sama dengan perusahaan lain untuk membangun kabel bawah laut senilai USD 60 juta dari Florida ke Brasil.

 

Sumber :¬†http://inet.detik.com/read/2016/05/27/132429/3219321/398/marea-kolaborasi-facebook–microsoft-di-samudra-atlantik?i991101105

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.