Aplikasi E-Koperasi

previous arrow
next arrow
Slider
E- Koperasi adalah suatu sistem aplikais untuk mempermudah pelayanan laporan dari koperasi yang ada di suatu kabupaten atau kota. adapun fitur-fitur laporan dapat dikirim langsung dari koperasi ke dinas koperasi agar dinas koperasi segera tahu kondisi koperasi tersebut. jadi pihak koperasi tidak perlu harus datanf ke kantor dinas koperasi untuk melaporkan keuangannya cukup dari apliaksi e-koperasi yang sudah secara online bisa diakses dimanapun.
Dalam upaya meningkatkan kapasitas kelembagaan koperasi maupun pemberdayaan koperasi, secara umum masih terdapat beberapa kendala ataupun permasalahan yang dihadapi, yaitu antara lain :
  1. Masih banyak anggota koperasi yang belum membubuhkan tanda tangan dan cap jempol tangan kiri di buku induk anggota;
  2. Masih banyak koperasi yang belum membuat SOP dan SOM;
  3. Masih banyak pengurus yang mempercayakan sepenuhnya kepada manajer;
  4. Masih banyak yang belum membuat uraian tugas pengurus dan pengawas;
  5. Masih banyak koperasi yang belum membuat dan mengirim laporan kinerja keuangan setiap triwulan;
  6. Masih banyak pengurus atau manajer koperasi yang asetnya diatas 2,5 milyar belum memiliki sertifikasi keahlian;
  7. Masih banyak koperasi yang belum atau tidak melaksanakan RAT. Disamping itu juga masih banyak koperasi yang belum memiliki Nomor Induk Koperasi (NIK) dan perlunya updating data koperasi kembali.
Berdasarkan hal tersebut, untuk dapat lebih meningkatkan kapasitas kelembagaan koperasi serta kualitas pembinaan dan pemberdayaan koperasi, maka diperlukan upaya terobosan inovatif untuk dapat lebih meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pembinaan, pengawasan dan pemberdayaan koperasi perlu dikembangkan suatu sistem informasi manajemen dalam bentuk E-Koperasi.
Sejalan dengan hal tersebut, untuk dapat lebih mendorong dan mengoptimalkan potensi sumber daya Koperasi di Kabupaten Klaten guna mendukung pembangunan daerah. Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Klaten mencoba untuk meningkatkan peran dan fungsinya sebagai fasilitator, katalisator, motivator dan inovator dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi daerah, khususnya di bidang pengembangan Perkoperasian.

Posted in Produk & Jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *